Selasa, 01 Juli 2014

Puasa di Hari Pertama

Marhaban yaa Ramadhan, Alhamdulillah tahun ini kita bertemu lagi dengan bulan Ramadhan yang amat berkah.
Ramadhan adalah sesuatu yang sangat di tunggu oleh umat muslim di seluruh pelosok dunia. Di bulan ramadhan itu ada yang di sebut dengan puasa, puasa sangat bermanfaatt bagi tubuh kita. Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saat saya berpuasa di hari pertama dan hal-hal menarik yang ada pada puasa.


Hari Pertama Puasa
Saya sangat senang jika puasa di bulan Ramadhan karena saat sahur dan berbuka puasa menu makanannya di jamin enak dan lezaaaaaatttt, pokoknya perut ini makmur deh. Apalagi masih hari pertama wah itu rasanya bagaikan kita berada di restoran mewah yang serba ada dan kita tinggal bilang apa makanan dan minuman yang kita inginkan pasti di sediakan.
Kalian pernah denger kan iklan yang bilang “setelah sahur sikat giginya” sebenarnya jika kita makan lalu langsung sikat gigi itu kurang baik karena zat yang terkandung dalam makanan akan hilang ketika kita setelah makan langsung sikat gigi, jika ingin sikat gigi mendingan kalian tunggu sekitar 1 jam dulu setelah makan baru deh sikat giginya. Nah gimana tuh jika sahurnya mepet dan ga ada waktu buat nunggu sampe 1 jam? Ya itu sih derita anda kenapa kesiangan :p . Hayooo lebih pilih zat yang terkandung dalam makanannya hilang atau makruh karena sikat gigi setelah adzan? Kalau saya sih mendingan zat makanannya hilang, daripada makruh malah nambah nambah dosa aja kan, dosa kita udah banyak cuy.
Setelah sahur kita harus sholat shubuh di masjid supaya masjid semakin makmur karena banyak jama’ahnya, selain itu fungsi kita pergi ke masjid saat shubuh adalah biar seger, kan pagi pagi udaranya masih fresh banget tuh soalnya manusia belom pada berebutan mengirup oksigen. Kalau udah siang kan kita aja buat napas harus berebutan sama banyak orang ditambah lagi polusi dari asap kendaraan yang sangat mengganggu pernapasan kita. Bukannya seger malah batuk batuk karena menghirup udara yang tercemar.
Kalian pasti merasakan bunyi keroncongan di perut kan sekitar jam 8 atau jam 9an? Itu bukan lapar yang sesungguhnya, itu hanya penyesuaian lambung pada saat puasa, yang biasanya kita sarapan jam 7an tetapi sekarang makannya jam 4 pagi. Saat keroncongan jam 8 atau jam 9an biasanya kita belum merasa lemas, kita lemas dan letih ketika jam 4 atau jam 5an disaat keroncongan kedua dan itu adalah rasa lapar yang sesungguhnya ketika kita berpuasa, tetapi ketika adzan tiba dan banyak makanan dan mminuman di depan kita biasanya kalau kita sudah minum pasti udah ga berasa kalau sudah minum dua gelas ukuran jumbo yang menyebabkan kembung dan males buat makan. Jadi kalau buka puasa itu secukupnya aja, inget makanan masih banyak jangan hanya terffokus pada satu macam makanan, kan sayang kalau tidak mencicipi semua menu makanan yang tersedia.

Oke terima kasih atas partisipasinya dalam membaca tulisan ini, semoga bermanfaat walaupun sedikit ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar